Musik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat kiasan dalam bahasa Inggris yang menyebut “music makes the world goes round” atau musik membuat dunia berputar. Sebab, musik-lah yang seringkali menjadi teman ketika bekerja, ketika merasa senang, dan merasa sedih.

ADVERTISEMENT

Bayangkan apabila dunia tidak mengenal musik. Kejenuhan akan melanda, menjadikan kita tidak bersemangat melakukan aktivitas. Ketika sedih, tidak akan ada alunan nada menenangkan yang dapat memperbaiki suasana hati.

Hal tersebut merupakan indikasi betapa pentingnya musik dalam kehidupan manusia. Alan P. Merriam dalam buku The Anthropology Of Music menjabarkan beberapa fungsi musik. Berikut adalah penjabarannya:

Fungsi Pengungkapan Emosional

Musik berfungsi sebagai media untuk mengungkapkan perasaan, emosi, dan ide-ide seseorang. Emosi tersebut diungkapkan melalui lagu atau irama musik.

Itulah mengapa terdapat berbagai macam suasana dalam musik. Ada musik yang memiliki suasana ceria, hangat, menyayat, dan lain sebagainya.

Fungsi Penghayatan Estetis

Menurut Antropolog Koentjaraningrat, musik merupakan bagian dari kesenian, dan kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan. Musik sebagai salah satu unsur kebudayaan memiliki arti bahwa musik diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya, salah satunya kebutuhan akan sebuah keindahan atau estetika. Melalui musik, kita dapat merasakan nilai-nilai keindahan baik melalui melodi ataupun dinamikanya.

ADVERTISEMENT

Fungsi Hiburan

Musik memiliki unsur-unsur yang bersifat menghibur. Sebab, musik terdiri atas rangkaian nada-nada dan ritme yang harmonis. Musik sebagai hiburan bertujuan mendatangkan kesenangan dan kepuasan batin pada orang-orang yang memainkan dan mendengarkannya. Hal ini dapat dinilai dari melodi ataupun liriknya.

Fungsi Komunikasi

Fungsi musik sebagai alat komunikasi adalah menjadi media penyampaian nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai religi atau kepercayaan, dan nilai-nilai tentang kesopanan atau norma melalui melodi maupun lirik lagu dari pencipta musik kepada para pendengar.

Fungsi Sebagai Pengiring Aktivitas Ritmik

Musik merangsang sel-sel saraf manusia sehingga menyebabkan tubuh pendengarnya bergerak mengikuti alunan musik. Oleh sebab itu, musik berfungsi sebagai pengiring aktivitas ritmik seperti tari-tarian, senam, dan dansa.

ADVERTISEMENT

Musik Sebagai Integritas Kemasyarakatan

Musik dapat memupuk persatuan dan kesatuan karena musik dapat menjadi wadah perkumpulan masyarakat. Dengan menonton pagelaran musik, warga akan berkumpul dan saling berkomunikasi satu sama lain. Secara tidak langsung, musik dapat memperkuat tali silaturahmi.

Fungsi Kesinambungan Budaya

Musik berisi tentang ajaran-ajaran untuk meneruskan sebuah sistem dalam kebudayaan terhadap generasi selanjutnya. Contohnya, setiap daerah di Indonesia memiliki musik tradisional sebagai salah satu ciri khas kebudayaannya. Ketika orang-orang mendengar musik tersebut, mereka dapat mengetahui daerah mana musik tersebut berasal.

Fungsi Ekonomi

Musik tidak sekadar menjadi media untuk mengekspresikan ide-ide. Sebagai karya cipta, musik dapat dijadikan sebuah profesi yang mendatangkan kesejahteraan, baik secara materi maupun non materi.

COPAS : https://kumparan.com/berita-hari-ini/fungsi-musik-dalam-kehidupan-manusia-bukan-sekadar-hiburan-1uDAyyAGqCJ/full


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *